Cara Hidup Sehat Yang Benar

Cara Hidup Sehat Yang Benar

Kita ingin hidup sehat, itu sudah pasti, bahkan harapan semua insani. Tapi untuk hidup sehat itu ada resepnya. Jika kita sudah mengetahui resap atau caranya maka kita bisa meningkatkan kebahagiaan dan meraih kesuksesan.

Nah, silakan simak cara atau resep di bawah ini:

Makanan Bergizi

Jelas, makanan yang baik atau bergizi itu amat penting untuk kesehatan badan. Tapi yang harus kita ingat adalah makan secara teratur. Makan terlalu banyak merupakan salah satu penyebab kemalasan mental, di samping tugas pencernaan tidak normal karena kerja terus.

Kegemukan membuat jantung kita bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Begitu pula jika kita kurang makan. Tubuh menjadi kurus dan ringkih. Kita dengan mudah terserang penyakit. Karena itu kita makan secukupnya saja.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup membuat tubuh dan jiwa menjadi sehat. Di saat tidur itu otot-otot menjadi kendor, otak pun istirahat setelah kita memeras pikiran untuk belajar atau bekerja. Untuk itu kita harus membiasakan diri tidur pada jam-jam tertentu. Tidur cukup adalah sekitar 6-8 jam.

Berolahraga

Berolahraga itu penting sekali untuk mempertahankan kesehatan dan keseimbangan fisik,

disamping memperlancar sirkulasi darah dan memperbaharui sel-sel serta otot yang payah. Jantung juga menjadi kuat.

Pribadi Sehat

Kesehatan tubuh yang baik ini mencakup perbaikan dari kebiasaan-kebiasaan hidup seperti merawat diri, kerapian, dan lain sebagainya. Tubuh yang bersih dan pakaian yang bersih pula berarti menghargai diri sendiri dan mencintai diri secara sehat.

Jauhi Rokok Dan Alkohol

Jika kita ingin tubuh tetap sehat, kita mesti menjauhi diri dari merokok atau minum alkohol.

Merokok membuat paru-paru menjadi kotor karena racun nikotin, bahkan bisa menyebabkan kanker. Di samping itu merokok juga berarti pemborosan. Begitu pula dengan minum alkohol, kita bisa mabuk, usus kita bisa terbakar, kita pun merugi. Karena itu agar tubuh tetap sehat, kita tak usah merokok atau minum alkohol.

Sehat Jiwa

Baik secara sadar atau tidak sadar, kita sering mengeluh. Mengeluh bisa merusak kesehatan, melukai diri sendiri. Begitu pula dengan perasaan khawatir, tegang, cemas, dan sebagainya. Karena itu kita harus berusaha mengatasi hal itu, yakni dengan berusaha tidak mengeluh atau membesar-besarkan suatu masalah. Untuk itu kita hendaknya berupaya mempertahankan kesehatan mental dan emosional dengan berusaha memahami diri sendiri

Rekreasi

Rekreasi merupakan suatu cara untuk melepaskan beban pikiran yang baik, setelah sekian lama berkutat dengan pelajaran atau sumpeknya suasana kota. Dengan berekreasi pikiran atau otak kita menjadi jernih dan tubuh kita menjadi segar.

Humor Itu Perlu

Sebagaimana kita makan untuk kesehatan tubuh, begitu pula artinya humor untuk kesehatan jiwa kita. Rasa humor amat penting untuk membina kesehatan. Maka benarlah jika dikatakan humor itu sehat. Dengan humor itu pula kita menjaga keseimbangan tubuh dan jiwa.

Check Up

Pemeriksaan fisik ini hampir tidak pernah kita lakukan, padahal ini penting sekali untuk

mengetahui keadaan tubuh kita sehat atau tidak. Karena itu kita perlu mengadakan pemeriksaan fisik secara berkala. Hal ini membuat kita tahu jika memang ada penyakit di dalam tubuh kita seperti kanker atau yang lainnya sehingga kita bisa menanggulanginya secara dini.

Dengan mempraktikkan 9 resep tersebut di atas maka hidup kita sehat, baik jasmani maupun rohani. Sehingga tepatlah semboyan mens sana in corpore sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.




Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top